• Jelajahi

    Copyright © Nusantara Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Diskusi Ramadan Bersama Eggi Sudjana 'Jadilah Orang Baik Jangan Jadi Pecundang'

    21 Maret 2024, Maret 21, 2024 WIB Last Updated 2024-03-21T10:37:32Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     

    Foto: Prof.Dr,Eggi Sudjana SH,MH dalam Diskusi Ramadan Dengan salah seorang Jurnalis di Medan. (Red)

    Nusantaramaju.com - Siapakah Eggi Sudjana, beliau adalah sosok tokoh yang kami kenal sangat getol menyuarakan kebenaran, keadilan dan kejujuran di negeri yang kita cintai ini. 


    Beliau juga merupakan, Presiden Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA), namanya pun tersohor, betapa tidak, karena beliau Advokat (Pengacara) senior yang sudah banyak menyelesaikan masalah yang menyangkut dengan hukum.


    Dalam kesempatan ini, kami sempat mewawancarai, Prof Dr Eggi Sudjana SH,MH,MSI itulah nama lengkap beliau, dalam rubrik Diskusi Ramadan1445H ini.


    Eggi Sudjana mengingatkan kita semua, 'Jadilah Orang Baik Jangan Jadi Pecundang', ungkapnya, mengawali bincang tipis-tipis dengan salah seorang Jurnalis (Solihan.red) di Medan, kemarin.


    Pria yang akrab disapa bang Eggi ini, lanjut memaparkan, bahwa, dalam konteks kemanusiaan ada nilai-nilai persaudaraan yang harus dijadikan prinsip dalam kehidupan. Pertama adalah sangka baik, kita sebagai manusia harus berprasangka baik kepada semua orang.


    Kemudian, berbuat baik atau jadilah orang baik jangan pula jadi pecundang, dalam hal ini, kita ikut merasakan penderitaan orang saja sudah masuk dalam katagori orang baik, karena biasanya orang baik itu identik dengan hati yang tulus, penuh kejujuran, dan punya prinsip keadilan.


    Dalam Teori Eggi Sudjana ada istilah OST JUBEDIL  = Obyektif, Sistematis, Toleran, Jujur, Benar, dan Adil. Jadi cara berfikir ilmiah itu harus OST dengan itu maka di dasari sikap Jubedil, konsekwensinya melahirkan Jiwa Intelektual, Bertangungjawab, namun, jika tidak Ostjubedil maka lahir lah Jiwa Pecundang dan Penghianat.


    Bang Eggi mengutarakan lebih jauh, bagi orang yang menjalankan amanah dengan baik, Allah menjanjikan pahala dan balasan yang baik. Sedangkan, orang -orang yang berkhianat dari amanahnya, Allah memperingatkannya dengan balasan yang buruk. 


    Berikut ini adalah beberapa peringatan yang Allah berikan pada orang yang berkhianat, pertama:

    1.Khianat Merupakan Sifat Munafik. Dalam sebuah hadits, dikatakan bahwa khianat adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh orang munafik. Selain itu, orang yang munafik juga senang bicara bohong dan mengingkari janji.


    2.Pengkhianat Akan Dipermalukan di Akhirat. Setelah seluruh manusia wafat dan kehidupan di bumi pun selesai, maka semua umat manusia memasuki hari pembalasan atau kehidupan akhirat. Pada hari itu semua perbuatan manusia semasa hidup akan di hitung dengan adil. Termasuk para penghianat.


    3.Penghianat Tidak Disukai Allah. Dalam surat Al-Anfal, Allah berfirman: Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berkhianat.(QS.Al-Anfal:58). Ujar, Bang Eggi seraya mengingatkan kita semua. (Red)



    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berkomentarlah sesuai topik dan menjaga etika sopan-santun