• Jelajahi

    Copyright © Nusantara Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jasinaloan: Sanggar Raptama Juarai Culture Fest of North Sumatera

    10 Mei 2024, Mei 10, 2024 WIB Last Updated 2024-05-10T12:21:13Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Foto: Sanggar Raptama Juarai Culture Fest of North Sumatera. (Red.06)


    Nusantaramaju.com - Sanggar seni budaya Mandailing Raptama kembali menjuarai Culture Fest of  North Sumatera yang di selenggarakan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara, di Halaman UPT. Museum Negeri Provsu, Senin dan Selasa (6-7 Mei 2024) kemarin.


    Sanggar Raptama berhasil meraih juara pertama mengungguli 14 peserta lainnya di perlombaan yang diadakan setahun sekali ini. Pendiri sekaligus Pembina Sanggar Raptama, Drs. Mhd Bakhsan Parinduri (Jasinaloan), kepada wartawan, Jum'at (10/5/2024) mengaku bersyukur dan mengapresiasi peraihan para anak didiknya ini.


    “Saya bersyukur dan mengapresiasi sebesar-besarnya anak-anak (red- didik) saya ini berhasil meraih juara pertama. Ini hasil kerja keras mereka dalam latihan dan mempersiapkan segala sesuatunya,” ujar Bakhsan Parinduri.


    Bakhsan menambahkan, para anggota sanggar terdiri dari anak muda yang berasal dari bermacam latar belakang sosial, suku, dan agama. Menurutnya, ini merupakan upaya regenarasi sekaligus mengakrabkan generasi muda dengan kekayaan tradisi Nusantara.


    “Mereka (red- anggota sanggar) ini macam-macam, ada mahasiswa Etnomusikologi FIB-USU, mahasiswa Pendidikan Musik FBS-UNIMED, mahasiswa Pendidikan Tari FBS-UNIMED, dan pekerja. Berbagai suku dan agama juga. Saya bangga mereka berhasil akrab dengan seni tradisi warisan leluhur. Regenerasi anak muda inilah yang kita harapkan terus menjaga kekayaan budaya Nusantara,” imbuhnya.


    Sementara, Pelatih Sanggar Raptama, Choiri Alwi mengatakan, ia mengucapkan terima kasih kepada pembina, tim sanggar, penyelenggara acara, dewan juri, dan seluruh pihak yang telah membantu sampai saat ini. 


    “Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Bakhsan, anggota sanggar yang telah belatih keras, Disbudparekraf Sumut selaku penyelenggara, dewan juri, para peserta lomba, dan seluruh pihak yang membantu kami selama ini. Peraihan ini membuat kami terus belajar dan belajar,” pungkas Alwi. 


    Untuk diketahui, kegiatan Culture Fest of North Sumatera yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara di ikuti 15 kelompok seni tradisi dari berbagai daerah di Sumatera Utara. 


    Juara kedua diperoleh sanggar Jabu Habinsaran dan juara ketiga diraih Sapo Ribu. Para dewan juri adalah Dra. Rithaony MA, Drs. Yoe Anto Ginting MA, Sannur Sinaga SSn MSn, Dr Panji Surosono SPd MSi, Yusnizar Heniwaty SST MHum PhD, Irfan Syah, dan M Mansyur. (Red.06)



    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berkomentarlah sesuai topik dan menjaga etika sopan-santun