• Jelajahi

    Copyright © Nusantara Maju
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pembangunan Maluku dan Pemajuan Masyarakat Berbasis Kawasan Geopolitik Strategis Indonesia

    20 Mei 2023, Mei 20, 2023 WIB Last Updated 2023-05-20T16:22:05Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Penulis : Firman Jaya Daeli

    Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli menyampaikan Pemikiran Kebangsaan dan Kenegaraan sebagai Pembicara dalam Kongres XII GAMKI, pada hari Minggu, tanggal 14 Mei 2023, di kota Ambon, Provinsi Maluku. Ada sejumlah Pembicara yang diundang dalam Kongres untuk menyampaikan Pemikiran Strategis, antara lain : Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ; Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto ; Deputi I Kepala Staf Presiden (KSP) Febry Calvin Tetelepta ; Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli. 




    Tema Utama dan Topik Khusus yang disampaikan oleh Firman Jaya Daeli sebagai Pembicara adalah : "Negara Pancasila Indonesia Membangun Indonesia Raya Berbasis Persatuan, Keadilan, dan Pemerataan". Tema atau Topik tersebut merupakan salah satu materi Studi Meeting yang diletakkan dan diharapkan menjadi materi masukan dan bahan referensi Kongres dalam kerangka pembahasan dan perumusan arah kebijakan dan program strategis.




    Beberapa saat sebelumnya berlangsung Pembukaan Kongres XII GAMKI yang dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo). Presiden RI Jokowi menyampaikan Pidato Pembukaan Kongres yang dibacakan oleh Menpora Dito Ariotedjo. Acara Pembukaan dihadiri dan diikuti oleh Tamu dan Undangan beserta para Peserta dan Peninjau dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota seluruh Indonesia. Rangkaian acara diisi dan dimaknai dengan berbagai atraksi kesenian dan kebudayaan bernuansa Maluku.




    Kemudian setelah itu, berlangsung Jamuan Makan Malam dan Sambutan Seni Budaya bersama Pengurus GAMKI beserta Peserta, Peninjau, dan Penyelenggara Kongres, pada Minggu Malam, 14 Mei 2023, di Rumah Dinas Jabatan Wakil Gubernur Maluku. Diundang dan datang hadir juga Menpora Dito Ariotedjo, Gubernur Maluku Murad Ismail, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno (sebagai Tuan Rumah Penyelenggara), Kepala Badan Intelijen Negara (Ka BIN) Daerah Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie, Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia dan mantan Anggota MPR-RI dan DPR-RI Firman Jaya Daeli, Ketua MPO GAMKI Michael Wattimena, Sekretaris Umum (Sekum) DPP GAMKI Sahat M.P. Sinurat, Ketua Panitia Penyelenggara Lucky Wattimuri, dan lain-lain.




    Firman Jaya Daeli sebagai Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia, diundang juga untuk menyampaikan Pemikiran sebagai Pembicara (Dosen Tamu) di hadapan sejumlah Mahasiswa, Dosen, Akademisi, dan Guru Besar dalam Kuliah Umum di kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Pattimura (Unpatty), pada hari Senin, tanggal 15 Mei 2023, di Ambon, Maluku. Kuliah Umum yang Dibuka secara resmi oleh Guru Besar Unpatty Prof. Dr. Pieter Kakisina, M.Si (Dekan Fakultas MIPA Unpatty) tersebut, bertemakan : "Perguruan Tinggi dan Pembangunan Negara Pancasila Indonesia Berbasis Kedaulatan Bangsa dan Keutuhan Wilayah Indonesia". 




    Kuliah Umum yang dipandu oleh Guru Besar Unpatty Prof. Dr. Yusthinus Thobias Male, M.Si, terdiri atas : Pengantar dari Pemandu (Moderator), Penyampaikan Pemikiran dari Pembicara Firman Jaya Daeli sebagai Dosen Tamu, dan Dialog atau Diskusi bersama Pembicara dan Peserta. Ada sebagian para Mahasiswa, Dosen, Akademisi, dan Guru Besar yang memakai baju Adat Kebudayaan bernuansa "Pattimura - Maluku" karena bertepatan dengan Peringatan Hari Pattimura (Pahlawan Nasional dari Maluku).




    Tema Kuliah Umum berintikan pada percepatan dan peningkatan pembangunan kualitas pendidikan, peradaban, ilmu pengetahuan, teknologi yang berkemajuan, humanis, dan ekologis. Juga berintikan pada percepatan dan peningkatan pemajuan kualitas masyarakat, sumber daya manusia, dan kapasitas kelembagaan dan kewilayahan. Keseluruhannya diposisikan dan diorientasikan dalam kerangka dan perspektif berbasis kawasan Geopolitik Strategis Indonesia".




    Berlangsung juga pertemuan, dialog, dan diskusi bersama Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa dan Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli yang juga mantan Pansus UU Pertahanan Negara di DPR-RI. Pertemuan dialog dan diskusi pada dasarnya berintikan pada percepatan dan peningkatan pembangunan dan pemajuan Maluku berbasis Pertahanan Negara (Wilayah) dan Keamanan Kawasan. 




    Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa adalah seorang Perwira Tinggi TNI AD berpangkat Jenderal Bintang Dua (Mayjen) lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1988 A. Sebelumnya pernah menjadi Komandan Korem (Danrem) 012/Teuku Umar Kodam Iskandar Muda, menjadi Kepala BIN Daerah Aceh dengan jabatan Jenderal Bintang Satu, menjadi Kepala BIN Daerah Sumut, menjadi Deputi Intelijen Teknologi BIN RI dengan jabatan Jenderal Bintang Dua ; kini menjadi Pangdam XVI/Pattimura yang membawahi dan meliputi Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara.




    Ada sejumlah tugas dan kegiatan yang dilaksanakan dan diselesaikan serta ada beberapa pertemuan dan diskusi yang dihadiri dan diikuti dalam rangkaian perkunjungan. Ada yang berkaitan dengan sejumlah hal dan bersama dengan beberapa kalangan. Ada kalangan profesional (profesi) ; jajaran yang mengabdi di bidang sosial, politik, hukum, keamanan ; tokoh masyarakat dan tokoh agama ; akademisi ; aktifis ; jurnalis ; pimpinan dan pengurus organisasi kemasyarakatan ; organisasi kemahasiswaan ; civil society ; elemen ; komunitas ; dan lain-lain. 




    Bertemu, berdialog, dan berdiskusi juga bersama dengan komunitas alumni, pengurus, dan anggota Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi). Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Asintel Kejati) Provinsi Maluku Muji Martopo bersama Firman Jaya Daeli bertemu dengan komunitas Permahi. Kemudian berlangsung juga pertemuan, dialog, dan diskusi Firman Jaya Daeli bersama dengan beberapa Senior GMKI di Wilayah Maluku, fungsionaris BPC GMKI Ambon ; Sekretaris Umum (Sekum) PP GMKI Artinus Hulu serta sejumlah fungsionaris PP GMKI. Dalam pertemuan, dialog, dan diskui tersebut, berkesempatan dan berkenan juga Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dan Walikota Ambon Bodewin Wattimena hadir menyampaikan pemikiran mengenai Pembangunan dan Pemajuan Maluku serta Peran Organisasi Kemahasiswaan. 



    Ambon, Maluku, 17 Mei 2023.

    Salam Indonesia Raya dari "Bumi Pattimura".

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berkomentarlah sesuai topik dan menjaga etika sopan-santun