Iklan

Sekian Lama Ditinggalkan, Prajurit Kostrad Ajak Masyarakat Kembali Ke Kampung Halaman

08 Desember 2022, Desember 08, 2022 WIB Last Updated 2022-12-08T13:01:00Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Nusantaramaju.com - Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad mengajak masyarakat pengungsi Distrik Yigi kembali kekampung halaman, Distrik Yigi yang telah ditinggalkan oleh warganya mengungsi ke Wamena selama 5 tahun semenjak kejadian "pembantaian" pekerja Istaka Karya di Puncak Kabo pada tanggal 2 Desember 2018 bertempat di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. 


Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Letkol Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., dalam rilis tertulisnya di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua (08/12/22). 


"Ini merupakan upaya Kami Satgas untuk mengajak pengungsi kembali ke tempat tinggal asalnya sekaligus memberikan kepercayaan warga terhadap TNI dalam menjamin keamanan bertempat tinggal dan beraktifitas,” Ungkap Dansatgas.


Sebelumnya, Dansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Letkol Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., memerintahkan kepada Danpos Yigi Lettu Inf Lukman Nurhuda untuk berkoordinasi dengan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat pengungsi untuk dapat kembali ke Distrik Yigi dengan memberikan jaminan keamanan, bantuan pembangunan dan perbaikan rumah/honai, infrastruktur (Bandar Udara), pemberian bahan makan serta transportasi (lajuran) dari Wamena ke Yigi. 


Sementara itu, Danpos Yigi Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Lettu Inf Lukman Nurhuda., S.T.Han., mengatakan, sesuai koordinasi dengan Bapak Sipe Kilnea (51) Pendeta Distrik Yigi, 2 Kendaraan Sipil membawa 38 masyarakat pengungsi berangkat dari Wamena menuju Distrik Yigi. 


Pada saat masyarakat Distrik Yigi tiba Kami langsung melaksanakan pendataan, dari data yang didapat total masyarakat pengungsi Distrik Yigi yang telah kembali saat ini berjumlah 75 orang, kemudian masyarakat Kami kawal untuk kembali ke tempat tinggalnya masing-masing. 


Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad masih terus berupaya untuk mengajak masyarakat pengungsi Distrik Yigi yang masih berada di Wamena agar mau kembali ke rumah/honai masing-masing di Distrik Yigi.


Bapak Sipe Kilnea (51) Pendeta Distrik Yigi mengucapkan "terimakasih kepada bapak TNI karna Kami bisa kembali ke Distrik Yigi", ucapnya.(P.Sitorus / TNI-AD ).

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik dan menjaga etika sopan-santun